Minggu, 31 Oktober 2010

ultrasound

Suara Ultrasonic adalah suara diatas kemampuan manusia untuk dapat mendengarnya, kebanyakan manusia dapat mendengar suara dengan frekuensi antara 20 Hz sampai dengan 20 KHz sedangkan suara dengan frekuensi 20 kHz sampai dengan 100 kHz tidak dapat didengar oleh telinga telanjang manusia, inilah yang disebut suara Ultrasonic.

Di industri biasanya ditemui kebocoran udara bertekanan seperti kebocoran udara kompresor, kebocoran pada boiler / steam dan lain-lainnya. Jika terjadi kebocoran besar baik pada pipanya atau sambungan pipa atau valvenya maka dapat segera diketahui dari suara yang terdengar, lalu bagaimana jika terjadi Kebocoran kecil pada udara bertekanan ini yang biasanya tidak dapat diketahui dikarenakan suara bising dari mesin lain disekitarnya atau yang terutama dikarenakan terjadi kebocoran kecil, suara yang dikeluarkan dari kebocoran kecil ini disebut suara ultrasonic.

Kebocoran kecil ini sebenarnya adalah pemborosan yang biasanya tidak pernah diperhitungkan padahal pada industri di Amerika, Eropa dan kebanyakan negara maju di Asia jika dihitung maka akan didapat pemborosan yang mengejutkan, sebagai contoh kebocoran pada diameter sebesar 1/ 16" pada tekanan 5, 5 BAR maka akan terbuang udara bertekanan sebesar 3, 8 SCFM ( 108 SLPM) , biaya untuk udara sebesar 1.000 SCFM adalah $ 0, 25 maka untuk satu kebocoran sebesar 1/ 16" pemborosan yang terjadi adalah $ 0.06 perjam / $ 1, 37 per 24jam / $ 9, 58 perminggu / $ 497, 95 pertahunnya.

EXAIR Ultrasonic Leak Detector dapat menemukan sumber kebocoran kecil ini dengan mengubah suara ultrasonic tersebut menjadi terdengar oleh telinga manusia.

Maka mulailah program penghematan dengan menggunakan EXAIR Ultrasonic Leak Detector untuk menemukan sumber kebocoran pada jalur pipa bertekanan di pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar